PKS: Gufron Paling Laku Dijual

Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lampung disebut paling laku dijual sebagai calon wakil gubernur (cawagub) mendatang. Gufron merupakan satu-satunya calon PKS yang berdarah Jawa. Sedangkan banyak cagub eksternal PKS yang berasal dari Lampung meminta pasangan bersuku Jawa.

Selain Gufron, dua nama lain dari PKS yang telah diusulkan maju pilgub adalah anggota DPD RI Ahmad Jajuli dan Anggota DPRD Lampung Ahmad Junaidi Auly. Secara kesukuan, Jajuli berasal dari Banten dan Junaidi asli Lampung.
’’Banyak calon dari luar yang bertanya, siapa yang dari PKS orang Jawa?’’ kata Anggota Tim 9 DPW PKS Lampung Hantoni Hasan kepada wartawan di ruang kerjanya kemarin.

Diketahui, sejumlah calon gubernur didominasi orang Lampung. Sebut saja Abdurachman Sarbini, Amalsyah Tarmizi, Berlian Tihang, Bustami Zainudin, dan Herman h.n. Lalu M. Alzier Dianis Thabranie, Marwan Cik Asan, Riswan Tony Dalem Kiay, dan Rycko Menoza S.Z.P.

Meski demikian, kata Hantoni, PKS masih memiliki peluang untuk memajukan Junaidi Auly sebagai cagub. Jika demikian, maka calon-calon dari Jawa yang bisa berpasangan dengan PKS adalah Wali Kota Metro Lukman Hakim dan Rektor Unila Sugeng P. Hariyanto. ’’Walau kurang bersosialisasi, mereka tetap harus dihitung,’’ urai Hantoni.

Terkait dengan mekanisme penjaringan calon dalam pilgub, Hantoni menegaskan bahwa PKS masih sangat terbuka. Penjaringan akan dilakukan sambil berkomunikasi dengan calon mitra koalisi. Dia berharap, PKS sudah menetapkan calon yang akan diusung pada Desember 2013.

Tapi karena masih ingin berkomunikasi dengan calon koalisi, maka PKS akan menghormati proses politik di internal yang bersangkutan.
’’Mereka ada yang mekanismenya nggak kompatibel (pas). Ada yang menunggu bulan April 2013 dan lainnya. Kami mau cepat biar bisa cepat kerja,’’ tuturnya.
Ia melanjutkan, saat ini Tim 9 PKS masih menunggu mekanisme yang berlaku pada masing-masing partai politik atau calon gubernur yang telah bersosialisasi ke masyarakat. Dan itu tak menjadi masalah buat PKS karena juga ingin ada kepastian kapan pilgub digelar. Radar Lampung.

0 komentar :

Posting Komentar

Copyright © 2009 Template design modified by Sadikin